BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG MASALAH
1.
Dalam penulisan makalah ini melatar
belakangi bahwa dalam dunia pendidikan diperlukan hubungan baik antara pendidik
dan peserta didik yang bias menciptakan suasana yang baik.Sehingga makalah ini
menuliskan tentang bagaimana hubungan pendidik dengan peserta didik di SMAN 01 WELERI tepatnya di kelas XI IPA
1 dan diperpustakaan.
2.
Menciptakan suasana yang nyaman dan
kondusif didalam menerima KBM
B.
IDENTIFIKASI
MASALAH
1.
Hubungan antara pendidik dengan peserta
didik di kelas?
2.
Membatasi dalam hubungan pendidik dengan
peserta didik?
3.
Suasana yang membuat hubungan pendidik dengan peserta didik
itu lebih baik?
4.
Menciptakan rasa nyaman di dalam kelas?
5.
Kriteria pendidik yang disukai?
C.
PEMBATASAN
MASALAH
Dalam makalah ini saya
membatasi masalah yang menitik beratkan pada hubungan pendidik dan peserta
didik dan juga pada bagaimana mencipta rasa nyaman di dalam kelas.
D.
PERUMUSAN
MASALAH
Dalam penulisan makalah ini, penulis
merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Hubungan
seperti apa yang diharapkan antara pendidik dan peserta didik?
2. Hubungan
yang membatasi antara pendidik dan peserta didik?
3. Suasana
seperti apa yang membuat hubungan pendidik dan peserta didik menjadi nyaman?
4. Bagaimana
menciptakan rasa nyaman di kelas?
5. Kriteria
pendidik yang baik itu seperti apa?
BAB II
TEORI
YANG MENDASARI
A.
MENURUT UU NOMOR 20 TAHUN 2003
Pendidikan adalah
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa, dan Negara.
B. MENURUT UU NOMOR 2 TAHUN 1989
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan
peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi
peranannya di masa yang akan datang.
C. KI HAJAR DEWANTARA
Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup
tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala
kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan
sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan
setinggi-tingginya.Yang mempunyai semboyan sebagai berikut :
1. Ing Ngarso Sungtulodo
2. Ing Madya Mangunkarso
3.
Tut Wuri Handayani
BAB III
PELAKSANAAN
PENGAMATAN LAPANGAN
A.
TUJUAN
Dalam penulisan ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pendidik dan peserta didik di
lingkungan SMAN 01 WELERI, dan
bagaimana seorang pendidik menghadapi peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
B.
LOKASI
Lokasi yang saya ambil
adalah SMAN 01 WELERI, sekolah ini
saya ambil untuk pengamatan makalah saya dikarenakan di sekolah ini saya pernah
jadi peserta didik dan sekarang saya bekerja disini sehingga saya mengetahui
banyak tentang sekolah ini.
C.
WAKTU
Hari :
Sabtu
Tanggal :
26 November 2011
Jam :
10:15 WIB – 11:00 WIB
D.
PROSEDUR
0 komentar:
Posting Komentar