HUBUNGAN PENDIDIK DAN PESRTA DIDIK DENGAN CINTA KASIH




BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
1.         Dalam penulisan makalah ini melatar belakangi bahwa dalam dunia pendidikan diperlukan hubungan baik antara pendidik dan peserta didik yang bias menciptakan suasana yang baik.Sehingga makalah ini menuliskan tentang bagaimana hubungan pendidik dengan peserta didik di SMAN 01 WELERI tepatnya di kelas XI IPA 1 dan diperpustakaan.
2.         Menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif didalam menerima KBM
B.     IDENTIFIKASI MASALAH
1.         Hubungan antara pendidik dengan peserta didik di kelas?
2.         Membatasi dalam hubungan pendidik dengan peserta didik?
3.         Suasana yang  membuat hubungan pendidik dengan peserta didik itu lebih baik?
4.         Menciptakan rasa nyaman di dalam kelas?
5.         Kriteria pendidik yang disukai?
C.    PEMBATASAN MASALAH
Dalam makalah ini saya membatasi masalah yang menitik beratkan pada hubungan pendidik dan peserta didik dan juga pada bagaimana mencipta rasa nyaman di dalam kelas.
D.    PERUMUSAN MASALAH
Dalam penulisan makalah ini, penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
1.    Hubungan seperti apa yang diharapkan antara pendidik dan peserta didik?
2.    Hubungan yang membatasi antara pendidik dan peserta didik?
3.    Suasana seperti apa yang membuat hubungan pendidik dan peserta didik menjadi nyaman?
4.    Bagaimana menciptakan rasa nyaman di kelas?
5.    Kriteria pendidik yang baik itu seperti apa?
 

 BAB II
TEORI YANG MENDASARI

A.  MENURUT UU NOMOR 20 TAHUN 2003
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

B.   MENURUT UU NOMOR 2 TAHUN 1989
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

C.  KI HAJAR DEWANTARA
Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.Yang mempunyai semboyan sebagai berikut :
1.      Ing Ngarso Sungtulodo
2.      Ing Madya Mangunkarso
3.      Tut Wuri Handayani

 
BAB III
PELAKSANAAN PENGAMATAN LAPANGAN

A.    TUJUAN
Dalam penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pendidik dan peserta didik di lingkungan SMAN 01 WELERI, dan bagaimana seorang pendidik menghadapi peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
B.     LOKASI
Lokasi yang saya ambil adalah SMAN 01 WELERI, sekolah ini saya ambil untuk pengamatan makalah saya dikarenakan di sekolah ini saya pernah jadi peserta didik dan sekarang saya bekerja disini sehingga saya mengetahui banyak tentang sekolah ini.
C.    WAKTU
Hari                 : Sabtu
Tanggal           : 26 November 2011
Jam                  : 10:15 WIB – 11:00 WIB
D.    PROSEDUR

0 komentar:

Posting Komentar