DAUR PERTUMBUHAN FISIK


  1. PENDAHULUAN
            Untuk memperoleh gambaran yang lengkap mengenai perkembangan anak,  perkembangan fisik dan mengulas perkembangan psikologis anak. Dalam hal ini perkembangan fisik sangat penting untuk dipelajari. Secara langsung maupun tidak langsung perilaku anak sangat mempengaruhi.  Secara langsung,  perkembangan menentukan ketrampilan anak dalam bergerak/beraktivitas.  Secara tidak langsung,  perkembangan fisik ini mempengaruhi bagaimana anak memandang dirinya sendiri maupun orang lain, semua ini tercemin dari pola penyesuaian  diri anak.
  1. DAUR PERTUMBUHAN FISIK
            Daur atau siklus mempunyai arti penting bahwa pertumbuhan fisik tidak dapat dikatakan mengikuti pola ketetapan tertentu. Pertumbuhan terjadi secara bertahap/proses, dengan kata lain seperti naik turunnya gelombang, adakalanya cepat dan adakalanya lambat. Ada beberapa anak mengalami pertumbuhan secara cepat dan ada yang mengalami keterlambatan. Pola seperti ini sebetulnya menguntungkan, perkembangan ini sangat teratur dan ketat pada bayi ketika lahir berat tubuhnya 3, 8 kg dan pada usia 11 tahun berat badannya mencapai 24 kg.
            Dengan demikian pertumbuha dan perkembangan anak berlangsung secara teratur dan dapat diramalkan. Daur pertumbuhan tidak hanya fisik melainkan psikologisnya juga. Keduanya mempengaruhi pola perilaku anak
  1. DAUR PERTUMBUHAN UTAMA
            Dalam pertumbuhan anak ini dibagi menjadi 4 periode utama, 2 periode ditandai dengan pertumbuhan yang cepat dan 2 periode lainnya dicirikan oleh pertumbuhan  yang lambat. Saat periode pralahir dan 6 bulan setelah lahir, pertumbuhannya sangat cepat. Pada akhir tahun pertama pascalahirnya, pertumbuhan memperlihatkan tempo yang lambat dan kemudian menjadi stabil ketika memasuki tahap remaja atau tahap kematangan kehidupan seksualnya. Hal ini terjadi pada usia 8-12 tahun.
            Pada usia 15 atau 16 tahun pertumbuhannya akan cepat kembali, biasanya disebut “ledakan  pertumbuhan pubertas”. Setelah itu akan disusul dengan periode tenang kembali sampai memasuki tahap dewasa.

  1. KEANEKARAGAMAN DAUR PERTUMBUHAN
            Pada kenyataan bahwa daur pertumbuhan fisik dapat dikatakan teratur dan dapat diramalkan, namun terjadi juga keanekaragaman. Menurut Johnston dan teman-temannya bahwa jadwal waktu pertumbuhan itu dikarenakan perbedaan gizi dan cara perawatan kesehatannya. Berikut pengaruh yang lazim terjadi pada daur  pertumbuhan :
1.      Kesukaran penyesuaian diri
Dalam pertumbuhan yang cepat akan membentuk pola penyesuaian diri yang dapat merusak emosionalnya, sedangkan pertumbuhan yang lambat akan membentuk penyesuaian diri yang lebih mudah.

2.      Kebutuhan Energi
Pertumbuhan yang cepat membutuhkan energi yang besar sehingga anak mudah lelah, membuat anak mudah tersinggung dan emosi, sedangkan daur pertumbuhan yang lambat, energinya dimanfaatkan untuk bermain atau kegiatan yang lainnya, sehingga anak akan terlihat ceria dan mudah dikendalikan.

3.      Kebutuhan Gizi
Zat makanan dengan gizi yang lebih, dibutuhkan dalam pertumbuhan yang cepat yaitu pada usia 2-3 bulan pertama.

4.      Kemampuan Mempertahankan Keseimbangan
Pada periode pertumbuhan yang lambat, secara alami akan mempertahankan keseimbangan dirinya dengan baik, sedangkan pertumbuhan yang cepat keseimbangannya akan terganggu, ini terlihat dari menurunnya nafsu makan, mudah lelah, gampang tersinggung dan pergaulannya secara sosial memburuk.

5.      kecanggungan
Pertumbuhan yang cepat biasanya diiringi dengan rasa canggung karena anak-anak sebelumnya memperlihatkan koordinasi yang baik tapi terlihat seperti anak yang lamban, tapi lama kelamaan kecanggungan itu akan menghilang dan digantikan dengan koordinasi motorik yang baik.
Ukuran dan Bangun tubuh
1.      Ukuran dan bangun tubuh diwarisi secara genetika dan akan mempengaruhi laju pertumbuhan.
2.      Anak yang punya bangun tubuh kekar biasanya akan cepat tumbuh dari pada yang mempunyai bangun tubuh kecil.
3.      Anak yang memperoleh imunisasi teratur merupakan faktor penting agar anak tumbuh cepat karena jarang sakit.
4.      Anak yang tenag akan tumbuh lebih cepat dari pada anak yang mengalami gangguan atau tekanan emosional.
5.      Musim atau Iklim juga mempengaruhi pertumbuhan anak.
6.      Anak kembar juga cenderung pertumbuhanya agak lambat dari pada anak yang tidak cepat
7.      Faktor kelamin yang mempengaruhi faktor pertumbuhan, biasanya anak laki lebih besar dari pada perempuan.

  1. BESAR KECILNYA UKURAN TUBUH
Besar kecilnya tubuh dipengaruhi oleh faktor keturuna dan lingkungan. Berikut faktor yang mempengaruhi faktor besar kecinya seseorang :
1.      Faktor keturunan
Dalam faktor ini pertumbuhan dipengaruhi karena hormon keturunan, jika hormon yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhannya maka anak akan lebih cepat besar tapi berbeda dengan orang yang kurang hormon keturunan maka ukuran tubuhnya lebih kecil.

2.      Faktor Lingkungan
Dalam faktor ini mempengaruhi pembentukan tubuh baik pralahir maupun pascalahir. Faktor yang mempengaruhi misalnya kekurangan gizinya,  merokok dan tekanan batin pada ibu hamil.Faktor-faktor itu yang mempengaruhi dari besar kecil tubuhnya.

  1. TINGGI BADAN
            Anak-anak dengan usia sebayanya akan mengalami tinggi badan yang berbeda-beda tapi sebenarnya mereka mengikuti aturan yang sama

  1. BERAT TUBUH
            Dalam hal ini ada beberapa faktor  yang mempengaruhi ukuran tubuh.Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran tubuh
1.      Pengaruh keluarga
Dalam hal ini faktor yang mempengaruhi adalah faktor keturunan.
2.      Gizi
Dalam hal ini gizi yang didapat oleh anak sangat mempengaruhi ukuran tubuhnya.
3.      Gangguan emosional
Dalam hal ini anak yang sering mengalami gangguan emosional mengakibatkan berlebihan steroid adrenal,sehingga anak terhambat tercapainya ukuran tubuh.
4.      Jenis kelamin
Dalam hal ini anak laki-laki lebih berat dari pada anak perempuan kecuali saat anak berumur 12-15 tahun.
5.      Suku bangsa
Perbedaan berat dan tinggi tubuh sangat berkaitan dengan suku bangsa, misal anak-anak finlandia lebih besar dibandingkan anak-anak italia atau meksiko,biasanya anak-anak kulit hitam lebih langsing dari pada anak kulit putih.
6.      kecerdasan
Biasanya anak yang cerdas cenderung lebih gemuk dari pada anak yang kecerdasannya kurang.
7.      Status sosial ekonomi
Anak-anak dari keluarga yang status sosialnya rendah,cenderung lebih kecil dari pada yang lainnya.
8.      Kesehatan
Anak yang sehat biasanya memiliki tubuh yang lebih berat.
9.      Fungsi endokrin
Bila hormon ini bekerja normal maka ukuran tubuhnya kecil,sedangkan berlebihan maka anak itu mengalami kegemukan.
10.  Pengaruh pralahir
Kondisi ini sangat dipengaruhi pada waktu ibu hamil,misal kekurangan gizi dan tekanan batin.
11.  Pengaruh tubuh
Faktor ini dipengaruhi oleh ektomorf,nesomorf atau endomorf.

  1. TULANG
Pertumbuhan dan perkembangan tulang juga mempunyai makna psikologis bagi anak, karena pengerasan tulang akan sangat menentukan terjadinya kecelakaan, dan bentuk tulang akan mempengaruhi keseluruhan penampilan anak.
  1. OTOT DAN LEMAK
Perbandingan antara lemak dan otot secara langsung mempengaruhi perilaku anak, dan secara tidak langsung akan terungkap dalam sikap anak terhadap tubuhnya sendiri.
  1. GIGI
Ada lima faktor psikologis yang utama pada hal gigi. Gigi  dapat mempengaruhi emosi, dapat mengganggu keseimbangan tubuh, dan dipakai sebagai simbol keseimbangan tubuh.
  1. PERKEMBANGAN SUSUNAN SARAF
Pertumbuhan dan perkembangan susunan saraf sangat menentukan proporsi tubuh anak, penampilannya, derajat ketidakberdayaannya, pengalamannya, dan kemampuan kecerdasannya.
  1. PERUBAHAN PADA MASA REMAJA
Perubahan yang terjadi pada masa puber, yang akan mulai terjadi pada akhir masa kanak-kanak dan membutuhkan waktu 4 tahun untuk berkembang sempurna, akan terlihat dari besar kecilnya tubuh anak, proporsi tubuhnya,dan pertumbuhan serta perkembangan ciri utama dan kedua.
  1. PENYEBAB PERUBAHAN PADA TAHAP REMAJA
Perubahan pada masa puber akan tampak dari perubahan perilaku yang sangat merisaukan normal tidaknya tubuh. Pada beberapa anak perubahan seperti itu hanya terjadi sesaat, tetapi pada anak yang lain dapat berlangsung lebih lama.

  1. KEANEKARAGAMAN DALAM MASA PUBER
Karena perkembangan fisik dapat menimbulkan pengaruh psikologis dan fisik, pentingnya perkembangan itu bagi penyesuaian pribadi sosial anak telah mendorong diadakannya penelitian ilmiah yang ekstensif untuk mengetahui apa saja dan berapa lama pengaruhnya.
  1. BAHAYA PERKEMBANGAN FISIK
Dari sekian banyak bahaya perkembangan fisik yang diketahui paling umum adalah kematian, sakit, cacat tubuh, kekurangan gizi, gangguan keseimbangan tubuh, bentuk tubuh yang menyimpang, dan kesederhanaan penampilan anak.
  1. KESEDERHANAAN
Arti penting bahaya perkembangan fisik secara psikologi timbul dari kenyataan bahwa bahaya itu tidak hanya mempengaruhi perilaku anak tetapi dapat mempengaruhi bagaimana cara orang-orang yang berarti bagi anak memberikan tanggapannya terhadap anak-anak yang mengalami bahaya.

0 komentar:

Posting Komentar