1. Perbedaan antara guru dan konselor?
Konselor adalah orang yang memberikan pelayanan
bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok agar
mandiri dan bisa berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, sosial,
belajar maupun karier melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung
berdaasarkan norma-norma yang berlaku.
Guru adalah orang yang memberikan
pendidikan bagi murid-murid (anak-anak) dan mahasiswa (orang dewasa) dilakukan
di sekolah atau tempat lain dari pendidikan formal.
2. Tugas guru dan konselor
adalah?
Dimensi
|
Guru
|
Konselor
|
1. Wilayah Gerak
|
Khususnya Sistem Pendidikan Formal
|
Khususnya Sistem Pendidikan Formal
|
2. Tujuan Umum
|
Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional
|
Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional
|
3. Konteks Tugas
|
Pembelajaran yang mendidik melalui
mata pelajaran dengan skenario guru-murid
|
Pelayanan yang memandirikan dengan
skenario konseli-konselor
|
4. Fokus Kegiatan
|
Pengembangan kemampuan penguasaan
bidang studi dan masalah-masalahnya
|
Pengembangan potensi diri bidang
pribadi, sosial, belajar, karier, dan masalah-masalahnya
|
5. Hubungan Kerja
|
Alih tangan (referal)
|
Alih tangan (referal)
|
6. Target Intervensi
|
||
v
Individual
|
Minim
|
Utama
|
v
Kelompok
|
Pilihan Strategis
|
Pilihan Strategis
|
v
Klasikal
|
Utama
|
Minim
|
7. Ekspektasi Kinerja
|
||
v
Ukuran Keberhasilan
|
Pencapaian Standar Kompetensi Lulusan
Lebih Bersifat Kuantitaif |
Kemandirian dalam kehidupan
Lebih bersifat kualitatif yang unsur-unsurnya saling terkait |
v
Pendekatan Umum
|
Pemanfaatan Instructional Effects
& Nurturant Effects melalui pembelajaran yang mendidik
|
Pengenalan diri dan lingkungan oleh
konseli dalam rangka pengentasan masalah pribadi, sosial, belajar dan karier.
Skenario tindakan merupakan hasil transaksi yang merupakan keputusan
konseling
|
v
Perencanaan tindak intervensi
|
Kebutuhan belajar ditetapkan terlebih
dahulu untuk ditawarkan kepada peserta didik
|
Kebutuhan pengembangan diri
ditetapkan dalam proses transaksional oleh konseli, difasilitasi oleh
konselor
|
v
Pelaksanaan tindak intervensi
|
Penyesuaian proses berdasarkan respons
ideosinkretik peserta didik yang lebih terstruktur
|
Penyesuaian proses berdasarkan
respons ideosinkretik konseli dalam transaksi makna yang lebih lentur dan
terbuka
|
Sumber : Dirjen PMPTK, 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan
Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal (Naskah Akdemik). Jakarta
3.
Pola kerja
guru dan konselor adalah?
Guru : pemberian
materi pembelajaran tertentu terhadap anak didik
Konselor : pemberian
penyuluhan pada anak didik
0 komentar:
Posting Komentar